Minggu, 29 Mei 2011

Calon Bos IMF Berpeluang dari Negara Berkembang

Perdana Menteri India Manmohan Singh mengatakan ada sedikit harapan bahwa seorang calon bangsa yang sedang berkembang akan dipilih untuk mengepalai Dana Moneter Internasional dalam kontes saat ini. Negara-negara kaya dinilainya tidak ingin menyerahkan kekuasaan mereka.

"Perjuangan untuk sebuah tatanan dunia yang lebih baik,seimbang dan lebih adil, termasuk pengelolaan lembaga-lembaga global seperti IMF, Bank Dunia, Dewan Keamanan PBB, akan menjadi jangka panjang," kata Singh, dilansir dari IMF, Minggu (29/5/2011).

Saat ini, ada lima kekuatan baru dari negara emerging, yakni India, Brasil, Rusia, China, dan Afrika Selatan. Kelima negara ini mengeluh bahwa pekerjaan IMF seharusnya tidak otomatis dilayangkan ke Eropa, karena tradisi menentukan.

Singh mengatakan, India berhubungan dengan berbagai bangsa mencari calon konsensus untuk kepala IMF setelah pengunduran diri Dominique Strauss-Kahn, yang dengan jaminan di Amerika Serikat (AS) menunggu persidangan atas tuduhan penlecehan seks.

Komentar Singh datang sehari setelah Prancis mengumumkan bahwa menteri keuangannya Christine Lagarde akan mengunjungi India sebagai bagian dari tur untuk memobilisasi dukungan sebagai tawaran baginya untuk menjadi kepala IMF berikutnya.


sumber ; economy.okezone.com 

0 komentar:

Posting Komentar